Inilah Trik Anak Cepat Belajar Baca, Tulis dan Berhitung

0

Memasuki usia sekolah dasar, anak-anak sebaiknya mulai diajari pengetahuan dasar tentang belajar baca, tulis dan berhitung. Pengetahuan ini sangat penting karena kadang-kadang di sekolah TK atau prasekolah, anak-anak masih belum begitu mahir menguasainya.

Semua orang tua tentu ingin putra-putri mereka cepat belajar baca, tulis dan berhitung. Namun, tidak semua orang tua mengerti cara untuk mengajari sang buah hati. Baiklah kalau begitu, Anda tidak perlu risau. Berikut ini kami akan mengulas langkah-langkah bagaimana mengajari si permata hati pengetahuan baca, tulis dan berhitung. Catat baik-baik dalam ingatan tips berikut ini ya:

Manfaatkan kotak makan siang

Kotak makan siang si kecil bisa dijadikan sarana efektif mengajarkan baca, tulis dan hitung. Misalnya, tempelkan potongan gambar dengan huruf yang belum lengkap. Gambar buah apel, disertai dengan huruf A, P, E lalu kosongi dengan titik-titik. Minta si kecil untuk menyelesaikan rangkaian huruf tersebut agar menjadi kata yang tepat. Ia boleh bertanya pada guru untuk membantunya.

Sediakan papan tulis mini

Tempelkan papan tulis atau bisa juga memakai kertas kardus bekas sebagai papan tulis di dinding. Kemudian, gunakan papan ini untuk menempelkan gambar-gambar angka atau huruf yang bisa merangkai kata sederhana. Bila perlu, Anda bisa memotong huruf yang ada di majalah bekas. Tidak perlu membutuhkan banyak uang dan bisa memanfaatkan lagi bahan-bahan bekas di rumah.

Membiasakan membaca di rumah

Anak-anak akan lebih mudah diajari membaca jika sudah dikenalkan hobi membaca sejak belia. Belikan mereka buku-buku dongeng atau buku anak yang lucu dengan gambar-gambar berwarna cerah. Kemudian, bacakan buku ini dengan cara yang menarik dan artikulasi jelas. Dengan cara ini, Anda sudah mulai mengajarkan kegemaran membaca pada anak semenjak dini.

Apalagi, di zaman modern seperti sekarang sudah banyak aplikasi yang memudahkan orang tua mengajarkan anak-anak belajar baca, tulis dan berhitung via smartphone atau ponsel pintar. Nah, kalau Anda memakai metode apa untuk mengajari si kecil kemampuan baca, tulis dan hitung? Mari saling berbagi pengalaman dan tips di bagian komentar yuk.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.