Ubi Merah, Harga Murah, Khasiat Melimpah

1

Ubi jalar merah yang dalam bahasa latin dikenal sebagai ipomoea batatas, masih di anggap sebagai makanan kelas bawah, yang hanya dikonsumsi oleh kalangan kurang mampu. Disisi lain, amerika dan daerah eropa yang mengenal ubi jalar merah ini sebagai sweet potato, sering menjadikannya sebagai makanan yang cukup istimewa. Berbagai olahan ubi jalar merah seperti pancake, puding, es krim, sup maupun kue, sering disajikan saat ada acara yang penting seperti Thanksgiving.

ubijalar-okKandungan Gizi

Ubi jalar merah menurut penelitian para ahli, memiliki sejumlah zat, yaitu vitamin E, vitamin C, serta zat Betakaroten yang berfungsi sebagai pembentuk vitamin A dalam tubuh. Berbagai kandungan zat gizi ini membuat ubi jalar merah diyakini mampu mencegah penyakit gagal jantung (kardiovasculer) serta beberapa jenis kanker.

Jenis Ubi Jalar Merah

Dalam pengelompokan jenis, ubi jalar merah ini memiliki beberapa variasi jenis. Yang pertama adalah ubi jalar merah yang berwarna kuning. Jenis warna kuning ini di ketahui memiliki kandungan betakaroten sebanyak 9674 SI. Sedangkan yang kedua adalah ubi jalar merah warna jingga yang memiliki kandungan betakaroten sebesar 32968 SI. Uniknya, untuk jenis warna jingga ini, setelah di masak secara di kukus, akan memiliki kandungan betakaroten sebesar 50000 SI hampir sama besar dengan kandungan betakaroten 23 cangkir brokoli.

ubijalar-yesManfaat Ubi Jalar Merah

Ada cukup banyak manfaat dari ubi jalar merah ini, antara lain:

  • Asupan karbohidrat bagi penderita diabetes

Ubi jalar merah memiliki tipe karbohidrat kompleks yang baik bagi penderita diabetes. Jenis karbohidrat ini memiliki sifat kompleks, sehingga cukup lama diubah oleh tubuh menjadi zat glukosa. Proses yang cukup lama dalam penubahan ini membuat kandungan gula darah dari diabetesi tidak naik secara drastis

  • Mengendalikan produksi hormon melatonin

Melatonin adalah salah satu hormon yang menjaga kesehatan sel sistem syaraf sekaligus memperbaiki jika ada kerusakan. Kekurangan hormon melatonin berakibat pada menurunnya fungsi otak yang menyebabkan gangguan tidur dan berkurangnya daya ingat. Gejala kurangnya hormon melatonin dapar diatasi mengkonsumsi vitamin A yang tentu saja banyak tekandung dalam ubi jalar merah ini.

  • Memperbaiki kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi ubi jalar merah secara teratur, maka fungsi produksi dari hormon endokrin juga terjaga. Seperti di ketahui, hormon endokrin berfungsi sebagai penjaga kekebalan dari berbagai macam penyakit.

  • Menjaga kesegaran kulit dan organ tubuh

Pemeliharaan kesegaran kulit dan organ tubuh adalah fungsi utama dari vitamin E. Sedangkan dalam ubi jalar merah ini, banyak memiliki kandungan vitamin E. Sehingga dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin akan berdampak baik pada kesegaran kulit dan organ dalam.

  • Mengurangi kadar kolesterol darah

Ubi jalar memiliki kandungan serat larut yang tinggi. Serat ini akan menyerap kelebihan kolesterol dalam darah, sehingga membuat kadar kolesterol dalam darah akan tetap terjaga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] bahan lainnya, padahal Donat ini bisa dibuat juga dari bahan seperti kentang, Umbi, Muntul ( Ubi Jalar ) dan masih banyak lagi bahan yang bisa digunakan untuk membuat donat yang empuk dan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.