Usir Wajah Berminyak dengan 10 Cara Ini

0

Apa sih reaksi kamu bila wajah terasa sangat berminyak? Tentunya kamu akan merasa kesal dan ingin segera mencuci wajah agar tidak berminyak lagi. Wajah berminyak biasanya muncul jika kamu sedang lelah karena aktifitas seharian. Tapi tahu ga sih kamu kalau ternyata wajah berminyak ini bisa munculin jerawat di wajah bahkan wajah juga ikutan terlihat kusam dan gelap. Maka dari itu, kamu harus mengatasi wajah berminyak dengan cara berikut ini.

1. Mencuci Muka

mengatasi wajah berminyak
Image: idntimes.com

Cara pertama untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan cara kamu mencuci muka. Mencuci muka tentunya mempunyai peraturan tersendiri untuk wajah yang berminyak. Pastikan bila kamu mencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan terlalu sering mencuci mukamu karena hal ini dapat memicu kelenjar minyak yang ada di wajah menjadi berlebihan. Selain itu, pastikan bila sabun yang kamu gunakan adalah sabun untuk wajah berminyak. Ketika sedang mencuci muka berikan tekanan secara perlahan-lahan dan mengikuti arah jarum jam.

2. Kertas Minyak

Image: http://myownlifemyself.blogspot.com

Salah satu benda yang wajib banget kamu bawa setiap hari karena sangat penting untuk menghilangkan wajah berminyak dengan cepat yaitu dengan menggunakan kertas minyak. Kertas minyak sendiri sangat mudah di temukan di supermarket. Selain itu, harganya pun juga tidak terlalu mahal. Cara menggunakan kertas minyak, kamu hanya perlu menepuk-nepuk wajah pada area minyak. Hindari untuk menggosok wajah dengan sangat keras karena dapat membuat makeup di wajah menjadi berantakan dan hilang. Bila kamu tidak mempunyai waktu untuk mencuci muka maka kertas minyaklah adalah solusi yang sangat cepat dan tepat ketika wajah terasa berminyak.

3. Memilih Produk MakeUp yang Tepat

Image: https://www.wanita.me

Cara ketiga untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan cara memilih produk makeup yang tepat. Penggunaan produk makeup yang salah tentunya dapat membuat minyak di wajah menjadi berlebih bahkan hal ini pula yang menyebabkan jerawat berdatangan. Apabila kamu sudah mengetahui bahwa wajah kamu berminyak maka kamu harus memilih produk makeup yang dikhususkan untuk wajah berminyak bukan malah memilih produk makeup  wajah normal ataupun wajah kering. Hal ini dikarenakan setiap  produk makeup pastinya memiliki kandungan yang berbeda. Selain itu, pilihlah produk makeup dengan bahan dasar mineral.

4. Menggunakan Masker

Image: http://www.fihonline.net/

Salah satu perawatan rutin yang perlu kamu lakukan sebanyak satu kali dalam seminggu yaitu menggunakan masker. Masker sendiri dapat kamu buat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah pepaya, bengkoang ataupun menggunakan masker yang sudah jadi dalam bentuk kemasan. Untuk menggunakan masker ada baiknya kamu lakukan di malam hari sebelum tidur. Pilihlah masker yang mana disesuaikan dengan kondisi wajah agar mengurangi kadar minyak. Agar kadar minyak kamu tidak berlebihan bahkan hilang tentunya kamu harus rutin menggunakan masker. Dengan begitu kamu akan mendapatkan wajah yang sehat.

5. Pelembab

Image: https://blogunik.com

Untuk mengurangi kadar minyak pada wajah maka sebelum melakukan makeup wajib untuk kamu memberikan pelembab pada area yang terasa berminyak. Selain itu, pilihlah pelembab yang dikhususkan untuk wajah berminyak agar pori-pori wajah tidak tersumbat. Pelembab sendiri juga merupakan faktor penting agar wajah kamu bebas dari minyak. Maka dari itulah, hal ini tidak boleh kamu remehkan begitu saja.

Baca Juga: Minder karena Bau Mulut, Yuk Atasi dengan Cara Ini!

6.  Tidak Menyentuh dengan Tangan Kotor

Image: https://saliha.id

Ketika wajah terlihat sangat berminyak maka hal yang perlu kamu hindarkan adalah tidak menyentuhnya dengan tanganmu. Hal ini dikarenakan tangan bisa membawa kuman yang mana dapat membuat wajah kamu cepat untuk berjerawat. Wajah yang sedang mengeluarkan banyak minyak tentunya tidak boleh diatasi dengan sembarangan apalagi menempelkan benda yang tidak tahu manfaatnya untuk wajah kita.

Akan tetapi karena kita tidak sabaran terkadang kita ingin sekali membersihkannya dengan baju yang ada pada tubuh kita sendiri. Hal ini tentunya tidak bagus dilakukan apalagi baju yang kita gunakan tentunya mempunyai banyak kuman. Padahal jika kita salah tindakan untuk mengatasi minyak di wajah, hal ini justru akan membuat kamu semakin ribet  untuk mengobati bahkan membuat kamu mengeluarkan biaya yang sangat mahal dan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, kamu harus perlu berhati-hati dan bersabar untuk menangani wajah ketika sedang mengeluarkan minyak.

7. Minum Air Putih

Image: http://takaitu.com

Jika kamu ingin wajah minyak kamu tidak terlalu berlebih maka wajib bagi kamu untuk minum air putih setiap harinya minimal 8 gelas. Dengan begitu, air akan membantu wajah untuk mengontrol minyak. Selain itu, air putih juga bagus untuk kesehatan tubuh dan akan membuat wajah kamu semakin sehat serta terhindar dari penyakit. Beberapa penyakit di wajah seperti bibir kering disebabkan karena kurangnya meminum air putih setiap harinya. Waktu terbaik untuk meminum air putih dilakukan pada waktu bangun tidur di pagi dan sebelum tidur di malam harinya.

8. Rajin Makan Sayuran dan Buah

Image: http://baliemerald.com

Hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi wajah berminyak adalah dengan cara rajin makan sayuran dan buah-buahan. Sayur-sayuran serta buah ternyata mempunyai banyak vitamin yang sangat berguna untuk tubuh khususnya pada wajah. Sayur-sayuran dan buah pun juga dapat membuat wajah terlihat bersih dan cerah. Bahkan kadar minyak dapat terlihat tidak berlebihan karena bantuan sayur serta buah. Maka dari itulah, rajinlah memakan sayur-sayuran walaupun beberapa sayur-sayuran ada yang memiliki rasa tidak enak dibandingkan dengan buah-buahan. Akan tetapi, demi wajah terlihat cerah dan bersinar tentunya kamu melakukan itu semua.

9. Tidak Memakan Makanan Berminyak

Image: https://efan-alfattah.blogspot.com

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan wajah berminyak yaitu faktor makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Apabila kamu terlalu sering mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak tinggi seperti makanan gorengan, hal ini dapat memicu wajah kamu menjadi berminyak. Karena itulah, mulai dari sekarang, kamu sendiri harus selektif untuk memilih makanan yang akan kamu makan. Apapun makanan yang kamu makan pastinya mempunyai efek untuk tubuhmu. Makanan sendiri ada yang sehat untuk tubuh tetapi di sisi lain ada makanan yang mendatangkan penyakit untuk tubuh kita. Oleh karena itu, kamu harus cerdas untuk mengonsumsi makanan yang akan dimakan demi kesehatan dan kebugaran tubuh kita sendiri. Untuk mendapatkan tubuh sehat tentunya sangat mudah apabila kamu memakan makanan yang bergizi.

10. Berobat ke Dokter

Image: http://infosehathbs.blogspot.com/

Apabila kamu telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi wajah berminyak tetapi wajah berminyak kamu malah menimbulkan banyak berjerawat, dalam hal ini kamu mengambil sikap untuk mengatasi wajah kamu dengan cara berobat ke dokter. Ketika kamu berobat ke dokter pastinya dokter akan melakukan sebuah tindakan untuk menangani wajah kamu yang sudah sangat parah. Selain itu juga, kamu juga harus menyiapkan uang yang lumayan banyak agar wajah kamu menjadi cantik lagi. Dalam hal ini, pastinya kamu membutuhkan proses panjang agar wajah menjadi normal kembali. Maka dari itulah, kamu hanya perlu bersabar.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi wajah berminyak. Untuk mengatasi wajah berminyak sendiri tentunya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Kamu perlu melakukan perawatan rutin, memperhatikkan pola makanmu bahkan memilih produk makeup yang benar. Hal ini dilakukan semata-mata karena kita menginginkan wajah sehat tanpa minyak.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.