Virtual  Desktop, Fitur Menarik Dari Windows 10

0

Akhirnya pihak Microsoft menyematkan fitur Virtual Desktop di Windows 10. Mungkin beberapa dari anda merasa tidak asing dengan virtual desktop ini. Ya, virtual desktop bukanlah hal yang baru bagi pengguna sistem operasi Linux maupun MAC. Fitur ini dapat membantu anda untuk menjaga program tetap terorganisir jika anda sering membuka banyak program dalam waktu bersamaan.

Virtual desktop yang saya maksud di sini adalah cara memperluas workspace/memperbanyak desktop di luar apa yang biasanya diperlihatkan di layar komputer anda. Jadi, jika biasanya kita punya satu workspace dengan satu taskbar dan ikon-ikon dari program yang beroperasi, dengan virtual desktop anda bisa membuka beberapa jendela desktop, masing-masing dengan aplikasi yang sedang terbuka sendiri-sendiri sesuai dengan pengaturan yang anda lakukan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak saja langkah-langkah di bawah ini.

Step by Step

New Picture (1).bmp
Disini terlihat bahwa saya sedang membuka beberapa program sekaligus dalam satu desktop. Terlihat berantakan dan memenuhi taskbar. Untuk itu saya akan memindahkan setiap program ke desktop baru berdasarkan fungsinya agar terlihat rapi.

  1. Klik ‘Task View’ pada taskbar (atau tekan win+tab).New Picture (10)
  2. Tambah jendela desktop dengan klik ‘New Desktop’ di pojok kanan bawah (lihat ikon yang dilingkari).New Picture (20)
  3. Setelah desktop baru muncul, kemudian pindahkan beberapa program ke desktop 2 dengan cara drag & drop (kita hanya bisa memindahkan satu persatu aplikasi yang kita inginkan).New Picture (30)
  4. Jika dirasa ini masih kurang rapi, anda dapat membuka satu desktop lagi dan memindahkan program yang diinginkan seperti yang dibawah ini.New Picture (50)

Hasil Akhir

Seperti yang anda lihat di gambar, berikut contoh tampilan yang saya gunakan saat bekerja dengan 3 jendela desktop yang berbeda:

Desktop 1 : Tugas dan browser (Google Chrome, Notepad, MS Word, Foxit Reader).New Picture (6)

Desktop 2 : Memantau hardware dan kondisi laptop.New Picture (7)

Desktop 3 : Hiburan dan keperluan lainnya.New Picture (8)

Berikut daftar shortcut yang dapat anda gunakan untuk memudahkan pekerjaan anda dalam menggunakan virtual desktop.

Daftar Shortcut

  • Win + Tab : Membuka ‘Task View’
  • Win + Ctrl + Left/Right : Berpindah dari desktop satu ke desktop lainnya
  • Win + Ctrl + D : Membuat desktop baru
  • Win + Ctrl + F4 : Menutup desktop yang saat ini sedang dibuka

Cara ini memang terlihat sangat sederhana dan mungkin bagi beberapa orang merasa fitur  ini tidak perlu digunakan. Tapi apa salahnya untuk mencoba dan membuat tampilan desktop menjadi lebih rapi? Bagi anda yang tertarik, selamat mencoba.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.