Wajib Disimak, 15 Tips Cara Menjadi Dokter Sukses di Zaman Now

0

Ketika kecil dulu pastinya kita memimpikan untuk menjadi dokter. Dokter sendiri adalah orang yang bertugas untuk menyembuhkan penyakit pada tubuh kita. Di saat kita sakit pastinya kita akan berkunjung ke dokter untuk mendapatkan obat. Namun sayangnya orang yang ingin menjadi dokter pun butuh perjuangan yang keras. Sekolah dokter pun membutuhkan biaya yang besar serta waktu yang lama. Berikut ini cara menjadi dokter.

1. Mental Kuat

Cara menjadi dokter
Image : 1818lao

Cara menjadi dokter yang pertama adalah kita harus memiliki mental yang kuat. Dokter pastinya akan dihadapkan dengan berbagai peristiwa yang menantang untuk menyembuhkan pasiennya. Hal ini pastinya akan menantang dokter untuk terus bermental kuat agar tidak menyerah di jalan dalam menyembuhkan penyakit pasien.

2. Berani

Image : kismis

Seorang dokter pastinya harus memiliki sifat berani dalam menghadapi segala kondisi. Apalagi dokter akan dihadapkan dengan darah, jarum suntik ataupun kondisi pasien yang sangat memprihatinkan jika dilihat. Dokter pastinya harus berani untuk melihat darah, memberikan suntik ataupun memberikan pengobatan jika keadaan pasien sudah dalam kondisi yang tidak wajar. Jika dirimu saja takut dengan darah ataupun jarum suntik itu artinya kamu tidak cocok untuk menjadi dokter.

3. Memiliki Kemampuan Analisa

analisa kuatSetiap hari dokter pastinya akan dihadapkan dengan beraneka jenis orang sakit. Saat itu pula dokter harus memberikan informasi analisanya terhadap pasien untuk mengetahui penyakit yang dideritanya. Bila dokter memberikan informasi yang salah pastinya hal ini akan membuat pasien marah. Oleh karena itu, dokter perlu mempunyai informasi yang luas mengenai berbagai penyakit untuk dapat menganalisa.

4. Detail

attention-detailDokter yang pintar pastinya mempunyai sifat detail dan teliti ketika menghadapi pasiennya. Seorang dokter dituntut untuk teliti saat memberikan dosis obat, ataupun saat melakukan operasi. Ketelitian seorang dokter sendiri mencegah untuk terjadinya malpraktek yang dapat merugikan pasien. Oleh karena itu jadilah dokter yang teliti terhadap apapun.

5. Cekatan

Image : merdeka

Selain petugas kebakaran yang harus cekatan dalam menghentikan api pastinya dokter juga harus cekatan dalam menghadapi pasiennya. Saat terjadi tabrakan kecelakaan, seorang dokter dipaksa untuk cekatan dalam memberikan pertolongan. Apabila dokter sangat lama mengambil keputusan pastinya hal ini akan merugikan pasien bahkan menghilangkan nyawa pasien. Cekatan sendiri diartikan bahwa dokter dapat mengambil keputusan secara cepat yang mana sesuai dengan prosedur yang ada.

6. Komunikatif

komunikasi dan pengertian

Dalam dunia perkuliahan pastinya ada yang dinamakan jurusan komunikasi. Semua pekerjaan pastinya membutuhkan sebuah komunikasi untuk dapat berinteraksi antara satu dengan yang lain. Sama halnya dengan dokter, dokter juga harus bisa berkomunikasi dengan pasien agar terjadi interaksi yang lancar. Dokter juga perlu menjelaskan secara detil mengenai penyakit kepada pasien agar pasien mendapatkan informasi yang jelas dan akurat. Dokter sendiri tidak boleh menutupi fakta yang ada.

7. Peduli Terhadap Sesama

Image : Spirit

Seorang dokter pastinya akan dihadapkan dengan beraneka golongan pasien. Ada pasien yang tidak mempunyai uang bahkan ada pasien yang mempunyai banyak uang. Dalam hal ini, dokter tidak boleh membedakan antara pasien miskin dengan pasien kaya. Dokter harus mempunyai jiwa peduli terhadap sesama karena semua pasien mempunyai hak yang sama untuk dilayani.

8. Tekun dan Komitmen

komitmen

Untuk menjadi seorang dokter pastinya kita akan dihadapkan dengan berbagai rintangan. Mulai dari lamanya waktu sekolah, tugas yang berat bahkan biaya yang cukup besar. Untuk menjadi dokter pastinya bukanlah hal yang mudah. Diperlukan sebuah ketekunan dan komitmen untuk melawan itu semua. Di saat kita melewatinya pastinya kita akan mendapatkan gelar dokter yang kita impikan sedari dulu.

9. Jago Biologi

Image : generasibiologi

Ketika waktu sekolah pastinya kita mempelajari yang namanya pelajaran biologi. Pelajaran biologi sendiri mempelajari tentang makhluk hidup khususnya organ tubuh manusia. Seorang dokter pastinya akan dipaksa untuk ahli biologi karena dokter akan berhadapan langsung dengan organ tubuh manusia. Jika kamu masih takut untuk memotong kulit ataupun membenci pembedahan maka itu tandanya kamu tidak cocok untuk menjadi dokter.

10. Niat yang Kuat

Image : dthan

Dalam hidup ini kita mempercayai jika kita mempunyai niat yang kuat pastinya sang pencipta akan memudahkan segala hal dengan mudahnya. Sama halnya bila kamu ingin menjadi dokter pastinya yang menjadi kunci untuk semua ini adalah kamu harus menanamkan niat pada diri kamu bahwa kamu bisa menjadi dokter. Bila dari dirimu saja tidak mempercayai maka mustahil kamu dapat menjadi dokter. Hal ini akan membuat psikologismu menjadi patah semangat.

11. Mempunyai Target

fokus-dengan-targetBila kamu ingin menjadi dokter pastinya kamu harus mempunyai target di masa depan. Target tersebut berfungsi agar cita-cita kamu berjalan dengan semestinya. Selain itu, kamu harus mengetahui jalan apa yang harus ditempuh. Seseorang yang mempunyai target pastinya akan mengetahui hal apa yang harus dilakukannya. Misalkan kamu ingin lulus sekolah dokter selama 3 tahun, oleh karena itu kamu harus rajin belajar agar cepat lulus.

12. Giat Belajar

giat-belajar Tidak hanya waktu kecil saja kita diharuskan untuk giat belajar untuk meraih rangking kelas. Ketika dewasa ataupun berada di bangku kuliah pun kita dituntut untuk terus giat belajar khususnya bila kita ingin meraih gelar dokter. Seorang dokter dilarang untuk malas belajar karena hal ini dapat mencelakakan dirinya ketika menghadapi pasien.

13. Memilih Lingkungan yang Baik

Ibaratnya seorang anak jika tumbuh di lingkungan yang baik pastinya dirinya ketika dewasa akan menjadi orang baik. Namun sebaliknya bila anak tumbuh di lingkungan yang buruk pastinya dirinya akan menjadi orang yang tidak bisa diatur. Sama halnya bila kita hidup di lingkungan yang baik apalagi memilih teman yang rajin belajar pastinya kita akan ketularan untuk rajin belajar.

14. Berdoa

berdoaSatu hal yang tak boleh dilewatkan bila kita ingin menjadi dokter adalah terus berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar dikabulkan. Dengan berdoa sama saja kita berserah diri kepadanya untuk dimudahkan dalam segala hal. Jangan pernah meninggalkan untuk tidak berdoa agar kita tidak sesat di jalan.

15. Hemat Uang

berhematCara menjadi dokter yang terakhir adalah dengan cara menghemat uang untuk membeli kebutuhan praktek. Saat kita masih bersekolah pastinya kita akan mengeluarkan banyak biaya khususnya dalam membeli buku ataupun peralatan untuk praktek.

Jadi, gimana masih berminat untuk menjadi dokter? Walaupun kenyataannya Dokter mempunyai tugas berat yang harus dihadapi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.