Waspadai 5 Bahaya Ini Selama Berkebun

0

Kebun adalah salah satu tempat ternyaman dan menentramkan hati bagi para pecinta hobi berkebun. Usut diusut, ternyata ketika berkebun Anda juga bisa terancam “bahaya”. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda waspadai ketika berkebun. Mudah-mudahan ulasan berikut dapat membantu Anda dalam menghindari bahaya yang mengancam di kebun ya…

sunshine-sunsetSinar Matahari

Sinar matahari sangat berguna dalam proses fotosintetis tanaman agar bisa tumbuh dan berkembang. Sayangnya, sinar matahari juga mengandung bahaya. Pasalnya, sinar UV atau inframerah sangat berbahaya jika sampai pada lapisan kulit. Kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama dapat mengalami sunburn atau kulit terbakar. Kenakan tabir surya, pakaian berwarna terang serta topi lebar untuk melindungi diri dari paparan sinar inframerah matahari yang berbahaya ketika berkebun.

 Peralatan Tajam

Selama berkebun ada banyak peralatan tajam dan berbahaya. Sebut saja seperti cangkul, sekop, garpu taman, dan tongkat kayu. Jangan meletekkan perlengkapan berkebun ini secara sembarangan karena selalu saja ada kemungkinan Anda menginjak atau tidak sengaja tersandung ketika melintasi kebun. Lebih baik, simpan peralatan berkebun di gudang atau kotak khusus agar lebih mudah jika ingin mengambil di kemudian hari.

Pesticide warning sign on a park lawn.
Pesticide warning sign on a park lawn.

Pestisida

Bahaya selanjutnya adalah pestisida atau bahan beracun untuk mengatasi serangga dan hama pengganggu tanaman. Perhatikan arah angin ketika Anda menyemprotkan pestisida, jika tidak Anda sendiri pun dapat terpapar bahaya racun kimia pestisida.

 

Perusak Kebun

Apa jadinya jika mungkin tanpa sengaja anak-anak bermain di sekitar kebun dan menginjak tanaman? Tanaman yang sudah susah-payah dibesarkan, mati begitu saja dalam hitungan detik. Belum lagi, mungkin ada hewan liar seperti ayam atau tikus yang menyabotase kebun dan menghabiskan hasil buah yang masih muda. Hal-hal di atas bisa diatasi, apabila Anda memberikan pagar atau segera membungkus hasil buah ketika mulai muncul. Dengan cara ini, kebun akan jadi lebih aman dari kerusakan.

seranggaSerangga kecil/Lebah


Satu lagi bahaya yang ada di kebun. Apalagi kalau tidak serangga kecil seperti kumbang, lebah ataupun tomcat dan lady bug. Semua serangga ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk membantu penyerbukan, namun jika mereka sudah menyerang manusia, situasinya tidak akan menyenangkan lagi. Lebah atau tawon jika menyengat dapat menimbulkan kulit melepuh dan bengkak selama beberapa hari. Sementara serangga kecil lain seperti tomcat ataupun kumbang dapat menyebabkan rasa panas seperti terbakar di kulit. Cobalah untuk memakai baju lengan panjang dan celana panjang untuk menghindari gigitan serangga kecil selama berkebun.

Pernahkah Anda memikirkan bahaya-bahaya di atas selama berkebun? Semoga artikelnya berguna dan membuat Anda lebih berhati-hati di kebun. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.